Tutorial Game Sederhana Macromedia Flash

GAME TEBAK PENJUMLAHAN

Pertama kita desain dahulu tampilan-tampilan yang di butuhkan.

 berikut lingkungan kerja nya  :

Tampilan  awalnya  : dengan frame yg ada yaitu 7 dengan masing2 desain dan kode programnya.








Tampilan Menunya di frame 1
sorce code nya :
a. button easy yg paling atas :
 on(press){
    gotoAndStop(2);
}
b. button medium yg di tengah :
on(press){
    gotoAndStop(3);
}
c. button hard yg paling bawah :
on(press)
 gotoAndStop(2);



berikut tampilan kedua tampilan game tebak hasil penjumlahan
untuk yang easy yg berada di frame 2
yang terdiri dari 4 text tool dengan masing-masing var yang akan dihubungkan ke frame hasil score dengan kode programnya , dan dua buttonnya dengan mengklik dulu buttonnya yg telah di convert lalu klik action button lalu letakkan kodenya.
1. kode programnya di action buttonya :
a. button acak :
 on(press){
    satu=random(20);
    dua=random(20);
}
b. button koreksi :
on(press){
    a+=1;
    akhir=Number(satu)+Number(dua);
    if(akhir==tiga){b+=1;
    }
    else{c+=1;}
    d=(a-c)*5;
    if(a==10){
        gotoAndStop(5);
    }
    tiga="";
    }

2. kode program untuk action frame nya :
stop();
waktu=0;
onEnterFrame=function(){
    if(waktu<200){
        waktu++;
    }
    if(waktu==200){
        gotoAndStop(5);
    }
};
satu=0;
dua=0;
tiga="";
a=0;
b=0;
c=0;
d=0;










berikut tampilan dari hasil score nya yang terdiri dari 4 text  tool dengan nama var masing2, yg tadi yg berhubungan dengan frame ke 2 atau tampilan yg kedua. dan juga ada dua button back dan menu
kode programnya dengan mengklik dulu buttonnya yg telah di convert lalu klik action button lalu letakkan kodenya.
1. Button back :
on(press){
    gotoAndStop(4);
}
2. button menu :
on(press){
    gotoAndStop(1);
}           
                                                                   
Di action framenya : stop();
(klik dulu ruang bebas atau frame nya lalu klik action framenya dan letakkan kodenya)

begitu seterusnya untuk frame frame medium dan hard bisa juga untuk desainnya kita tinggal copas tapi untuk nama var nya kita harus ubah sesuaikan dengan hubungan antar framenya.

tinggal mencocokkan kode programnya yg di action button tadi.
contoh :
on(press){
    gotoAndStop(1);
}             

yg berarti pergi dan stop di frame ke 1
on(press){
    gotoAndStop(2);
}    

yg berarti pergi dan stop di frame ke 2
logikanya frame satu berhubungan ke semua frame
frame ke 2 berhubungan ke frame ke 5
frame ke 3 behubungan ke frame ke 6
frame ke 4 berhubungan ke frame ke 7
dan frame 234567 berhubungan atau kembali ke frame satu yaitu Menunya.

Semoga Bermanfaat !!!
untuk jadinya entar saja ya lagi males uploadnya  dan sorry kalau masih kurang jelas  :D

No comments:

Post a Comment