Makanan Terbuat dari Tanah Liat (Ampo)




Makanan yang terbuat dari tanah liat yang berasal dari tuban yang masyarakat tuban sebut dengan nama “ampo” hehe,..
Sudah ada yang pernah rasain tanah liat blom?? Mungkin untuk kepikiran kalau tanah liat bisa di makan bahkan di perjual belikan di tuban. Mungkin seperti coklat batangan kali ya atau astor hehe,..

Rasima,  penjual makanan yang terbuat dari tanah liat atau “Ampo”, mengatakan bahwa tidak ada resep untuk memasak tanah tersebut. Dia hanya mencari tanah yang bersih yang bebas dari kerikil dan pasir, kemudian ditumbuk dan dipadatkan sehingga berbentuk segi empat.

Kemudian, mengikisnya dengan stik dan membentuknya seperti gulungan-gulungan astor kecil. Tanah yang sudah menggulung itu kemudian dibakar dan diasapi selama 1 jam, lalu jadilah sebagai snack atau makanan ringan(lebih cocok makanan berat kali ya :D) yang siap dimakan.

Rasima biasanya menjualnya dipasar dan sehari dia bisa mempunyai penghasilan sekitar Rp 20 ribu untuk menghidupi keluarganya.

Tuban merupakan satu-satunya tempat di dunia yang memakan tanah panggang. Memang ada orang-orang lain di dunia yang suka makan pasir, dan benda aneh lainnya, tapi tidak ada yang memakan tanah panggang.

Salah seorang warga Tuban mengatakan bahwa dia sudah memakan ampo sejak dia masih kecil dan ampo mendinginkan perutnya. Berikut ini ilustrasi gambar proses cara pembuatan ampo :









jika anda berkunjung ke tuban anda bisa mencoba nya :)

No comments:

Post a Comment